Pembuatan invoice tagihan memanfaatkan microsoft excel adalah materi kursus excel kita kali ini. Istilah invoice mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha yang bergelut dibidang penjualan barang atau jasa, invoice disebut juga sebagai surat bukti tagihan pembayaran yang berkaitan dengan transaksi antara penjual dan pembeli.
Pada pertemuan ini, akan membahas mengenai pembuatan invoice untuk tagihan pembayaran atas penjualan barang pada PT.Sumber Rejeki kepada pihak Toko Sahira Permata selaku pembeli. Data yang harus disiapkan adalah data Surat tagihan (invoice), Daftar Customer, dan Harga Barang, data tersebut masing-masing di buat pada 3 buah worksheet. Seperti pada tampilan berikut.
1. Pada worksheet pertama, kita buat bentuk surat tagihan pada excel yang didalamnya terdapat data customer yang terdiri dari nama, alamat, kota, dan telepon. Kemudian tabel data berupa Nama Barang, Jumlah, Harga, dan Total, serta subtotal, diskon dan Total bayar.
Selanjutnya pada bagian kolom Harga, masukan rumus berikut :
1. Rumus Harga sel F12,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C12,Master_Harga,2,FALSE))
2. Rumus Harga sel F13,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C13,Master_Harga,2,FALSE))
3. Rumus Harga sel F14,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C14,Master_Harga,2,FALSE))
4. Rumus Harga sel F15,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C15,Master_Harga,2,FALSE))
5. Rumus Harga sel F16,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C16,Master_Harga,2,FALSE))
6. Rumus Harga sel F17,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C17,Master_Harga,2,FALSE))
7. Rumus Harga sel F18,
=IF(ISNA(VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE)),”",VLOOKUP(C18,Master_Harga,2,FALSE))
Catatan : Pada rumus Harga, kode “Master_Harga” di dapat dari worksheet ketiga pada tabel Harga Barang. Caranya blok tabel Harga Barang, klik kanan pilih define name, isikan name dengan Master_Harga.
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Untuk mengisi keseluruhan data pada kolom total dapat memanfaatkan fungsi Auto Fill, maka hasilnya seperti berikut.
Kesimpulan, pada dasarnya pertemuan kali ini membahas tentang penghitungan dengan metode penggabungan pada Excel, yaitu menggabungkan rumus IF dengan Vlookup. Namun di presentasikan dalam bentuk Invoice (Tagihan Pembayaran). Semoga apa yang telah kita bahas ini bisa bermanfaat dan tentunya bertambah satu lagi ilmu pengetahuan kita….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar